Olahraga

Bangga Atlet Aceh Olimpiade Tokyo, Teuku Rifeky Harsya: Selamat Berjuang Nurul Akmal

Senin, 02 Agustus 2021 - 18:05
Bangga Atlet Aceh Olimpiade Tokyo, Teuku Rifeky Harsya: Selamat Berjuang Nurul Akmal Politisi senior Partai Demokrat dari Daerah Pemilihan Aceh, H Teuku Riefky Harsya (FOTO: Instagram @teukuriefky)

TIMES INDRAMAYU, JAKARTA – Politisi senior Partai Demokrat dari Daerah Pemilihan (Dapil) Aceh, H Teuku Riefky Harsya, memberikan dukungan terhadap atlet cabang olahraga (cabor) angkat besi yang akan berjuang keras di Olimpiade Tokyo 2021, Nurul Akmal

Lifter putri pertama Indonesia asal Aceh itu diketahui tergabung di Grup A dan dijadwalkan akan bertanding dalam kelas +87 kg, pada Senin 2 Agustus 2021. 

Lifter kelahiran 12 Februari 1993 menghadapi pesaing-pesaing berat salah satunya Li WenWen asal China yang saat ini pemegang rangking satu dunia. 

"Selamat Berjuang Nurul Akmal," kata Teuku Riefky Harsya pada akun Instagramnya @teukuriefky disertai tagar #MudaAdalahKekuatan, dikutip Senin 2 Agustus 2021. 

Cabor angkat besi pada Olimpiade Tokyo 2021, Indonesia menyisakan lifter Nurul Akmal. Ia diharapkan bisa melanjutkan tren positif tiga lifter Indonesia di cabor angkat besi yang berhasil menyumbang medali, mulai perunggu sampai perak.

Riefky menyatakan, Nurul Akmal adalah atlet asal Aceh kedua yang berhasil membawa nama harum Tanah Rencong dan Indonesia di kancah olahraga internasional. Sebelum itu, ada atlet anggar yaitu Alkindi yang tampil di Olimpiade Seoul Korea Selatan Tahun 1988 atau 32 tahun yang lalu.

"Atlet asal Aceh kedua yang lolos ke Olimpiade setelah Alkindi (atlet anggar) yang tampil di Olimpiade Seoul Korea Selatan tahun 1988 (32 tahun lalu)," jelasnya. 

"(Ia) Atlet putri pertama Indonesia yang lolos kelas berat +85kg dan saat ini menempati peringkat 6 dunia pada kualifikasi Federasi Angka Besi Internasional (IWF)," sambung Wakil Ketua Komisi I DPR RI itu. 

Sebelumnya, pelatih angkat besi Indonesia Dirja Wihardja kepada wartawan enggan sesumbar soal kemungkinan Nurul Akmal membuat kejutan di Olimpiade Tokyo 2020. Namun demikian, ia memasang target lifter Nurul Akmal bisa angkat 263kg.

Nurul Akmal lolos ke Tokyo usai menempati peringkat kelima saat tampil pada Kejuaraan Asia yang juga merupakan kualifikasi Olimpiade di Tashkent, Uzbekistan 2020 lalu. Ia berhasil mencatat angkatan total 251kg lewat sntach 111kg dan clean and jerk 140kg.

Nurul Akmal juga pernah membuat catatan terbaik saat tampil di Kejuaraan Dunia angkat besi di Pattaya, Thailand 2019. Kala itu ia mampu membuat total angkatan 260 kg (snatch 110kg dan clean and jerk 150kg). "Kita lihat besok (hari ini: red), saya tidak mau sesumbar, tidak mau mendahului. Yang jelas, angkatannya harus lebih baik dari kualifikasi kemarin. Kalau bisa 260 kg atau 263 kg. Kalau bisa lebih bagus," kata Dirja.

Pewarta : Haris Supriyanto
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Indramayu just now

Welcome to TIMES Indramayu

TIMES Indramayu is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.