https://indramayu.times.co.id/
Berita

Pemkab Indramayu Berkomitmen Wujudkan PAUD HI untuk Anak

Kamis, 24 Juni 2021 - 21:11
Pemkab Indramayu Berkomitmen Wujudkan PAUD HI untuk Anak Bupati Indramayu saat zoom meeting terkait RAN PAUD HI. (FOTO: Diskominfo Kabupaten Indramayu)

TIMES INDRAMAYU, INDRAMAYU – Pemerintah Kabupaten Indramayu (Pemkab Indramayu) berkomitmen untuk mewujudkan Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif (PAUD HI) di Kabupaten Indramayu. Tujuannya agar anak Indonesia, khususnya di Indramayu, bisa sehat, cerdas, dan berakhlak mulia.

Bupati Indramayu Nina Agustina Dai Bachtiar menjelaskan, kehadiran lembaga PAUD di tiap desa sangat dibutuhkan oleh orangtua, dalam membantu memberikan stimulasi untuk pendidikan buah hatinya.

Kehadiran PAUD HI dibutuhkan demi proses stimulasi yang lebih menyeluruh dan efektif pada aspek holistik integratifnya anak usia  dini yaitu hak tumbuh-kembang anak usia dini dalam hal pendidikan, kesehatan, gizi, perawatan, pengasuhan, serta perlindungan dan kesejahteraan anak. Sehingga, stimulasi sangat penting bagi tumbuh-kembang anak, bukan hanya dari aspek fisik tetapi juga psikologis, dan emosi.

"Orangtua berperan besar dalam memberikan stimulasi ini termasuk meletakkan dasar-dasar pendidikan anak di masa selanjutnya," jelasnya usai peluncuran Rencana Aksi Nasional Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif (RAN PAUD-HI) 2020-2024 yang dilaksanakan oleh Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) di Jakarta Pusat secara virtual (zoom meeting) di Pendopo Indramayu, Kamis (24/6/2021).

Bupati Nina menjelaskan, tujuan PAUD HI secara umum adalah terselenggaranya layanan Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif menuju terwujudnya anak Indonesia yang sehat, cerdas, dan berakhlak mulia.

Bupati Nina yang juga Bunda PAUD Kabupaten Indramayu mengatakan, pentingnya peranan pemerintah daerah untuk mewujudkan PAUD yang berkualitas dan PAUD HI. Artinya, PAUD berkualitas tidak hanya melayani anak tetapi juga mendukung terpenuhinya kebutuhan esensial anak.

Sehingga, tambahnya, bukan hanya orang tua saja yang memiliki kebutuhan, anak-anak juga memiliki kebutuhan, bahkan kebutuhan esensial. Dalam hal ini, seorang anak harus terpenuhi aspek kesehatan dan gizinya, pembinaan moral emosional dan pengasuhan, serta yang paling utama adalah perlindungan anak dari segala bentuk kekerasan.

Nina menambahkan, Pemerintah Kabupaten Indramayu (Pemkab Indramayu) pun berkomitmen untuk mewujudkan PAUD HI. Sehingga diharapkan, akan muncul generasi-generasi emas dengan sumber daya manusia yang mumpuni, memiliki karakter, serta berbudi pekerti yang baik.

"Pemerintah mendukung adanya PAUD HI, karena PAUD HI tidak hanya melayani kebutuhan anak, tapi juga mendorong terpenuhinya kebutuhan esensial anak," tuturnya. (*)

Pewarta : Selamet Hidayat (MG-417)
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Indramayu just now

Welcome to TIMES Indramayu

TIMES Indramayu is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.